Literasi TIK

Hallo!

erma_says_hi_gif_by_bjsinc-d8zph3f

Tugas kali ini, saya akan menjelaskan tentang materi yang pernah di ajarkan di mata kuliah Titerasi TIK. Pertama tama, apa itu Literasi TIK?

95jaWzP8R4lSE

Literasi TIK atau ICT Literacy didefinisikan sebagai skill atau kemampuan untuk mengolah suatu informasi, yang dapat di sebut dengan iSkill. Berikut beberapa video tentang ICT Literacy.

Nah, udah ngerti kan.. Sekarang gimana sih cara melakukan Literasi TIK dalam pengolahan atau pencarian data yang sering kita lakukan? Sebagai mahasiswa, hal yang lumrah jika sehari-hari kita berhadapan dengan teknologi dan berbagai macam informasi untuk dapat menyelesaikan tugas dari dosen. Dan tentunya, sebagai mahasiswa Telkom University yang merupakan World Class University, kita harus punya dong iSkill, berikut ini cara melakukan Literasi TIK . .

KEYWORD : ICT untuk MIACE agar ULAR DT

ICT


I = Information

C = Communication

T = Technology

 

MIACE


M = Manage

I = Integrate

A = Access

C = Create

E = Evaluate

 

ULAR DT


U = Up to date

L = Lengkap

A = Akurat

R = Relevan

D = Dapat dipercaya

T = Tersaji dengan baik

 

Jadi intinya, Literasi TIK adalah kemampuan untuk mengolah Teknologi Komunikasi Informasi (ICT) untuk me-manage, mengintegrasikan, mengakses, membuat dan mengevaluasi (MIACE) informasi yang kita dapat mengetahui apakah informasi tersebut up-to-date, lengkap, akurat, relevan, dapat dipercaya dan tersaji dengan baik (ULAR DT). Jangan-jangan informasi yang kita dapatkan adalah hoax, maka dengan Literasi TIK kita dapat menghindari informasi hoax dengan melakukan cara di atas.

Jonah-Hill-ok

Ok, saya sudahi dulu postingan kali ini. Jangan lupa untuk selalu menerapkan Literasi TIK untuk mencari informasi dan data, terimakasih sudah membaca. See you at the next post!

14aa5GbbHT3bHO